10 Tips Paling Jitu Menjaga Kapasitas Harddisk Komputer Kesayangan Anda

Bagi Anda yang memiliki komputer di rumah, tentunya Anda pernah melakukan aktivitas download atau upload file, edit video atau photo, bermain games, dan aplikasi-aplikasi lainnya yang mendukung pekerjaan Anda bukan?

Menjaga Kapasitas Harddisk Komputer

Oleh karena itu, jika sering menggunakan komputer Anda juga harus sering membersihkan sampah-sampah file yang tidak terpakai secara teratur. Jika dibiarkan begitu saja, sampah-sampah file dari aplikasi yang kita gunakan akan menumpuk dan lama kelamaan akan membuat harddisk komputer Anda cepat penuh sehingga kinerja komputer akan menurun.


Salah satu cara agar memperpanjang umur komputer kesayangan Anda yaitu dengan merawat harddisk komputer secara teratur. Jika harddisk komputer Anda sudah penuh, maka akan memperlambat proses pencarian data/file yang Anda cari. Sehingga jika Anda mencari salah satu data file di harddisk akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencari data tersebut.


Untuk itu, coba perhatikan 10 tips paling jitu untuk menjaga harddisk komputer kesayangan Anda, berikut ini:

Periksa ulang program-program apa saja yang tidak diperlukan. Jangan menginstal program/aplikasi games yang jarang Anda gunakan. Pastikan bahwa Anda tidak menghapus file-file penting yang digunakan oleh program lainnya. Coba gunakan fasilitas un-instal yang disediakan oleh sistem operasi.


komputer dengan menekan tombol shutdown/turn off dengan benar agar data-data penting Anda tersimpan dengan baik di komputer. Karena jika mematikan komputer tidak benar, kemungkinan data file yang tersimpan akan hilang secara tidak disadari.


Untuk menjaga harddisk komputer dari serangan virus perusak, installah antivirus di komputer kesayangan Anda. Disarankan untuk menginstal anti virus tidak lebih dari 1.


Back up setiap data yang dianggap penting di harddisk eksternal. Pisahkan juga file penting Anda dengan data lain dan file milik sistem operasi di tempat yang berbeda agar menghindari terhapusnya file-file penting secara tidak sengaja.


Coba gunakan software pihak ke tiga untuk membersihkan junk file, duplicate file, dan recycle bin.

Berikan space/ ruang pada harddisk setidaknya sisakan sekitar 100 MB. Biasanya jika Anda menggunakan sistem operasi windows, akan muncul peringatan jika isi harddisk komputer Anda sudah penuh.


Pasang semua perangkat komputer dengan benar terutama dalam pemasangan harddisk dalam CPU. Jangan terlalu sering memasang dan mencabut harddisk agar menghindari goncangan yang timbul yang dapat mengakibatkan harddisk rusak bahkan hilangnya file yang tersimpan di harddisk tersebut.


Gunakan scandisk untuk mengecek apabila terjadi kerusakan data atau program yang sudah terinstal di komputer.

Rapikan setiap file yang ada pada harddisk dengan cara selalu melakukan defragment secara rutin, agar data/ file dalam harddisk selalu tersusun dengan rapi.

Pelajari Ms Office di https://panduanoffice.web.id untuk pemula gratis.

Gunakan UPS/ stavolt agar apabila terjadi mati listrik, maka komputer yang dipasangi UPS tidak akan langsung mati sehingga Anda masih bisa dan masih sempat untuk menyimpan data terlebih dahulu. Lalu setelah itu Anda dapat mematikan komputer dengan benar.


Selain 10 tips di atas, Anda juga harus mengetahui bahwa penempatan harddisk dalam CPU harus diberikan ventilasi yang cukup. Mengapa? Karena penempatan harddisk dalam CPU dapat memengaruhi sirkulasi udara. Jika sirkulasi udara dalam CPU terganggu, maka dapat menyebabkan harddisk menjadi cepat panas.


Itulah 10 tips paling jitu dalam pemeliharaan harddisk komputer kesayangan Anda. Semoga dapat menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Paling Jitu Menjaga Kapasitas Harddisk Komputer Kesayangan Anda"

Posting Komentar